5 Pemain Indonesia yang Berkarir di Eropa, Selain Egy dan Witan

Juni 24, 2022
Pemain Indonesia
309
Views

Selama ini banyak penggemar sepak bola Indonesia yang lebih mengenal Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman sebagai pemain Indonesia yang berkarir di Eropa. Bahkan, ada beberapa nama lain yang juga meniti karir di Benua Biru seperti Bagus Kahfi dan Brylian Aldama.

Sejak Piala AFF 2020 berakhir, banyak pemain Indonesia yang harus merantau atau melanjutkan karir sepakbolanya di luar negeri. Persyaratan ini bertujuan untuk membantu para pemain timnas Indonesia meningkatkan level permainan yang dianggap terbelakang jika terus berkiprah di kancah domestik.

Beberapa pemain Timnas Indonesia, terutama yang merupakan jebolan Piala AFF 2020, menunjukkan tekadnya untuk meniti karir di luar Indonesia. Ada Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, misalnya, yang belakangan ini digosipkan akan bergabung dengan klub asing, khususnya Korea Selatan.

Namun bagi Alfaeandra, pemain yang dimaksud mengatakan akan bertanding di Asia Tenggara dengan Thailand sebagai tujuannya. Meski bercita-cita berkarier di luar Indonesia, para pendukung Timnas Indonesia berharap lebih, yakni para pemain bercita-cita berkarier di Eropa mengikuti jejak Egy dan Witan yang berkarier di Slovakia dan Polandia.

Sebab bagi suporter timnas Indonesia, level permainan di Eropa jauh lebih baik, yang akan berdampak signifikan terhadap perkembangan para pemainnya. Bahkan, banyak pendukung timnas Indonesia yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa pemain Indonesia di Eropa selain Egy dan Witan.

Pemain Indonesia yang Berkarir di Eropa

Pemain Indonesia

Beberapa pemain ini tumbuh di Eropa atau luar negeri sejak kecil, dan ada juga yang berani keluar dari zona nyamannya untuk bermain di benua biru.

Lantas, selain Egy dan Witan, siapa saja pemain Indonesia yang tampil di Eropa? Berikut kampusbola.id berikan daftarnya.

1. Bryan Aldama

Brylian Aldama yang berprestasi di program Garuda Select melanjutkan kiprahnya di benua biru dengan berkarir di klub Kroasia bernama NK Pomorac 1991.

Pemain berusia 19 tahun itu bergabung dengan NK Pomorac dengan status pinjaman pada tahun 1991. Klub pemilik Brylian Aldama adalah HNK Rijeka, yang mengontraknya pada 2021.

NK Pomorac sendiri adalah sebuah klub kasta ketiga di Kroasia. Pinjaman Brylian Aldama akan berakhir pada 30 Juni 2022.

2. Nyoman Paul Fernando Aro

Nama Nyoman Paul Fernando Aro muncul saat mengungkapkan ketertarikannya membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021.

Pria berusia 20 tahun itu memiliki paspor Indonesia karena lahir di Bali. Dia sendiri adalah keturunan dari ayah Finlandia dan ibu Bali.

Paul Aro telah terlibat dengan klub Swedia Skovde Aik sejak ia masih muda. Dia bergabung dengan tim U-19 pada tahun 2016 pada usia 15 tahun. Pada 2020, sang bek mendapat kontrak dua tahun dengan tim utama.

3. Imam Zakiri

Pindah ke Spanyol ada nama Imam Zakiri yang tergabung dalam klub bernama CP Villarrobledo. Mantan pemain internasional Indonesia U-19 itu resmi bergabung dengan Matador Country Club pada pertengahan 2021.

CP Villarrobledo sendiri merupakan klub lapis kelima di liga Spanyol. Imam Zakiri direkrut klub setelah tampil bagus dalam sesi uji coba.

CP Villarrobledo sendiri menjadi klub kedua Imam Zakiri di Spanyol. Ia sebelumnya pernah membela Gimnastica Ceuta U-17 yang berlaga di Division de Honor Juvenil de Futbol atau kasta teratas kompetisi U-19 Tanah Air.

4. David Maulana

Tak hanya Brylian Aldama yang bermain untuk NK Pomorac pada 1991. Rekan senegaranya David Maulana juga diterima untuk klub Kroasia.

Seperti Brylian Aldama, David Maulana pernah dipinjamkan ke NK Pomorac pada tahun 1991. David sendiri dipinjamkan dari HNK Rijeka hingga bulan Juni tahun 2022.

Sementara itu, kontrak David Maulana dengan HNK Rijeka sendiri akan berakhir pada Juni 2022, menurut situs Transfermarkt.

5. Bagus Kahfi

Bukan rahasia lagi jika Bagas Kahfi termasuk salah satu pemain Indonesia yang berkarier di Eropa. Jebolan timnas U-16 itu bergabung dengan klub Belanda Jong Utrecht.

Jong Stretch sendiri merupakan klub pemuda di bawah naungan FC Utrecht. Klub pemuda berpartisipasi dalam Eerste Divisie atau kompetisi kasta kedua.

Pemain berusia 19 tahun itu terikat kontrak hingga Juni 2022. Sejauh ini ia baru bermain di satu pertandingan, yakni di Keuken Kampioen Divisie.

Baca Juga: Saran Trading Forex Autopilot Robot ATG