Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Jibril

November 14, 2022
apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat jibril
21
Views

Jibril adalah malaikat yang tugasnya membawa wahyu dari Allah swt, dan dia adalah malaikat yang menurunkan Al Quran ayat demi ayat kepada Nabi Muhammad. Malaikat Jibril adalah malaikat yang dapat berkomunikasi dengan semua nabi dan turun dengan berkah Allah pada malam Lailatul Qadar atau malam seribu bulan. 

Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat jibril?

apa yang dilakukan oleh ora 1ng yang beriman kepada malaikat jibril
Sumber gambar: Jateng – Liputan6

Dalam Islam, Malaikat Jibril disebut sebagai pejuang luar biasa. Dalam sebuah hadits Ibnu Hisyam, Rasulullah mengajak malaikat Jibril untuk bergembira. “bergembiralah wahai abu bakar karena pertolongan allah telah datang. Malaikat jibril telah meraih tali kekang kudanya, kemudian menghelanya ke arah kepulan debu (medan peperangan).”

Gagasan tentang iman pada malaikat-malaikat umumnya dianggap sebagai kekuatan alam, gambar holografik atau ilusi yang baik dalam cerita rakyat. Orang Barat terkadang menggambarkan malaikat sebagai bayi kerubin yang gemuk, pria tampan, atau wanita muda yang cantik dengan lingkaran cahaya di kepalanya, tetapi dalam Islam, malaikat adalah makhluk nyata yang diciptakan oleh Tuhan. 

Malaikat sendiri tidak dapat dilihat dengan mata manusia, dan malaikat tidak terlihat oleh kasat mata manusia. Malaikat menaati Allah dan menjalankan perintahnya. Menurut Islam, tidak ada malaikat yang jahat. Setelah kematian, manusia tidak menjadi malaikat. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat jibril?

Setan bukan malaikat, tetapi sekelompok jin, dan dalam Islam malaikat harus diyakini ada, dan harus dipercaya. Dalam rukun iman kedua, umat Islam harus percaya akan keberadaan malaikat. Ketika percaya kepada malaikat, artinya kamu percaya kepada semua hal tentang allah dan nabinya. 

Bagaimana contoh perilaku malaikat?

  1. Selalu mencari dan meminta petunjuk, serta mensyukuri
  2. Selalu memohon perlindungan kepada Allah dari segala musibah
  3. Mencoba mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian
  4. Selalu memohon kepada Allah agar berlipat ganda di alam kubur, dan dibebaskan dari siksa kubur.
  5. Baik dalam perkataan maupun perbuatan, selalu memiliki niat yang baik. 
  6. Jauhi niat jahat, kata-kata kotor, dan perbuatan buruk, serta hindari perilaku tercela 
  7. Selalu memohon kepada Allah untuk menghindarkan mu dari siksa api neraka

Apakah hikmah beriman kepada malaikat?

Mendapatkan banyak hikmah tentu menunjukkan betapa iman dapat membantu memperkuat hati, menenangkan jiwa, dan memberikan arahan hidup. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat jibril?

Berikut hikmah yang bisa didapat dari beriman kepada malaikat, merupakan bentuk ketakwaan manusia kepada Allah swt. Meningkatkan keimanan kepada Allah swt. Orang yang percaya pada malaikat selalu dijauhkan dari perbuatan dosa. 

Selalu bersyukur kepada Allah swt, bersyukur menyadari bahwa Allah telah menciptakan malaikat untuk meringankan penderitaan seluruh umat manusia. Karena meyakini bahwa semua perbuatan berada di bawah pengawasan malaikat.

Maka orang yang beriman kepada malaikat akan selalu bertakwa kepada Allah dan berusaha untuk berbuat kebaikan. Selalu berpikir dan berhati-hati ketika melakukan sesuatu, karena perbuatan baik atau buruk akan diadakan di akhirat. 

Percayalah bahwa pertolongan Allah adalah hal yang nyata. Selalu jujur, amanah, berbuat baik, dan iman Anda pada diri sendiri akan tumbuh lebih kuat dan Anda menjadi lebih percaya pada Allah swt. 

Orang yang beriman kepada malaikat memiliki keimanan yang sempurna, dan menumbuhkan rasa untuk selalu memuliakan nama Allah SWT, karena dengan kekuasaan Allah SWT telah diciptakan malaikat, yang merupakan makhluk istimewa bagi Allah. 

Mencegah manusia melakukan perbuatan buruk atau tercela, dan meningkatkan kesadaran bahwa alam tidak dapat diakses oleh panca indera manusia adalah nyata. Demikian jawaban dari pertanyaan dari “apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat jibril?”, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Yang Dimaksud Dengan Berita Adalah? Cek Ciri Teksnya Disini

(Upy/G)