Apa Yang Dimaksud Dengan Gender Kesetaraan Gender Dan Ketidakadilan Gender

November 14, 2022
apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender
22
Views

Apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender? Gender adalah pembedaan peran, atribut, sifat, sikap, dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Peran gender dibagi menjadi peran produktif, reproduktif, dan sosial. 

Kata gender dapat diartikan sebagai peran sosial dan kebiasaan yang dibentuk oleh masyarakat yang berkaitan dengan gender perempuan dan laki-laki. Perempuan dan laki-laki secara biologis berbeda, tetapi budaya menafsirkan perbedaan-perbedaan ini menjadi tuntutan sosial tentang perilaku yang tepat pada hak, sumber daya, dan kekuasaan. 

Jika Anda tertarik dengan informasi lebih lanjut tentang keragaman tuntutan ini, baca terus! Sebagai contoh, hampir semua kelompok masyarakat memberikan tanggung jawab kepada perempuan untuk mengasuh anak, sedangkan laki-laki diberi tugas militer. 

Apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender

apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender
Sumber gambar: BaKTINews

Gender merupakan kategori sosial yang berpengaruh besar terhadap cara hidup dan partisipasi seseorang dalam masyarakat dan ekonomi, seperti ras, suku, dan kelas. Apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender?

Tidak semua masyarakat mengalami diskriminasi berdasarkan ras, suku, atau gender, tetapi semua masyarakat dalam berbagai derajat mengalami diskriminasi berdasarkan gender dalam bentuk ketidaksetaraan dan perbedaan. 

Ketidakadilan ini dapat diubah secara radikal oleh kebijakan dan perubahan sosial-ekonomi. Perubahan seringkali membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki. Konsep kesetaraan gender mengacu pada situasi yang setara antara laki-laki dan perempuan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban. 

Diskriminasi gender masih ada di semua bidang kehidupan di seluruh dunia. Terlepas dari kemajuan signifikan yang dicapai dalam kesetaraan gender, sifat dan tingkat diskriminasi seringkali berbeda antar negara atau wilayah. 

Perempuan kurang dalam hak-hak hukum, sosial, dan ekonomi di negara dunia ketiga. Kesempatan dan kontrol sumber daya, ekonomi, kekuasaan, dan partisipasi politik terlalu umum. Perempuan dan anak perempuan menanggung beban ketidaksetaraan ini, tetapi pada akhirnya, ketidaksetaraan ini mempengaruhi semua orang.

Sehingga kesetaraan gender adalah tujuan utama dari tujuan pembangunan kemampuannya sendiri. Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan suatu negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan memerintah secara efektif. Jadi, kesetaraan gender harus menjadi bagian penting dari rencana pembangunan untuk membantu orang (semua orang)

Perempuan dan laki-laki mengangkat diri mereka dari kemiskinan dan meningkatkan standar hidup mereka. Agenda tujuan pembangunan berkelanjutan penting karena setelah diadopsi, akan digunakan sebagai referensi global dan nasional untuk membantu agenda pembangunan menjadi lebih fokus. 

Penghormatan terhadap hak asasi manusia, menjamin kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, baik tua maupun muda, merupakan bagian dari masing-masing tujuan tersebut. Apakah kalian sudah paham mengenai pertanyaan “apa yang dimaksud dengan gender kesetaraan gender dan ketidakadilan gender?”

Bagaimana konsep keadilan gender

Keadilan gender didefinisikan sebagai keadaan masyarakat yang menempatkan laki-laki dan perempuan secara setara dan adil. Masyarakat diharapkan bebas dari nilai-nilai yang menempatkan laki-laki di atas perempuan (patriarki), peran, posisi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan tidak lagi dinilai berdasarkan gender.

Baca Juga: Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Jibril

(Upy/G)