Yang Dimaksud Dengan Berita Adalah? Cek Ciri Teksnya Disini

November 14, 2022
yang dimaksud dengan berita adalah
20
Views

Yang dimaksud dengan berita adalah? Sudah bukan rahasia lagi bahwa berita disebarluaskan melalui beberapa media utama sebagai salah satu cara untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas. Teks berita biasanya ditulis oleh seorang jurnalis atau wartawan. 

Isi berita teks ini berdasarkan fakta yang diperoleh langsung dari lapangan atau dari wartawan, sehingga dapat dibuktikan bahwa isi berita tersebut merupakan fakta yang dapat dipercaya.

Yang dimaksud dengan berita adalah

yang dimaksud dengan berita adalah
Sumber gambar: Komunikasi Praktis

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (kbbi), berita adalah suatu cerita atau informasi yang berkaitan dengan peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung. Secara tertulis, teks berita adalah teks yang menyampaikan berita atau informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang aktual dan faktual. Jadi yang dimaksud dengan berita adalah?

Dianggap faktual karena teks berita harus ditulis berdasarkan kenyataan, sedangkan aktual, yaitu peristiwa yang ditulis, baru saja terjadi, bukan dari masa lampau. Dapat disimpulkan bahwa teks berita mencantumkan semua peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperdebatkan oleh masyarakat luas saat itu. 

Bagaimana ciri teks berita?

  1. Teks berita melaporkan kejadian nyata, bukan opini, atau ide penulis. 
  2. Berita merupakan peristiwa aktual yang masih diberitakan dan baru saja terjadi, bukan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Informasi yang diberikan sesuai dengan kejadian asli dan tidak diubah oleh penulis teks berita yang akan disebarluaskan. 
  3. Gunakan bahasa yang menarik dan dapat membuat pembaca, dalam hal ini masyarakat, tertarik untuk membacanya. 
  4. Data yang disajikan lengkap dan spesifik, dengan penekanan khusus pada data penting yang telah diperoleh penulis berita ini. 
  5. Bahasanya mudah dipahami, bersifat objektif, dan alur acara disajikan secara berurutan. Kalimat yang digunakan dalam teks berita pendek, padat, dan jelas. 
  6. Teks berita tidak boleh lebih dari 45 kata dan sebaliknya, tidak lebih dari tiga kalimat. 
  7. Beberapa item yang tidak mendesak harus dimasukkan dalam isi berita, dan bukan dalam teks berita. Menurut pedoman yang disepakati, dapat disimpulkan bahwa unsur apa, di mana, kapan, dan siapa yang harus ditulis dalam teks berita.

Tidak hanya di isi berita, gaya penyajian ini tidak serta merta dimulai dengan salah satu unsur berita saja. Dapat digunakan untuk menyajikan pernyataan, kutipan mulai dari angka.

Bagaimana elemen teks berita?

Dua elemen penting yang harus diperhatikan dalam menulis artikel berita, pertama adalah peran tokoh yang terlibat langsung dalam pemberitaan. Karena mereka adalah tokoh yang terkenal dan terkemuka. 

Yang kedua adalah hak-hak banyak orang dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Elemen luar biasa ada rasa ingin tahu dan ini akan menarik publik dalam memilah-milah teks sumber berita. 

Peristiwa menarik yang diminati banyak orang seringkali memiliki sifat yang menarik, seperti adanya unsur kedekatan yang mengandung nilai kemanusiaan, seks, kriminal, dan politik. Jadi yang dimaksud dengan berita adalah?

Berita mencakup hal-hal terkini dan terbaru, serta fakta-fakta segar yang diperoleh dari peristiwa lama dan peristiwa terkini di masyarakat dan dunia. Faktual peristiwa yang ditulis memang benar-benar terjadi dan merupakan fakta, bukan rekaan, fantasi, atau fiksi belaka. 

Fakta dalam sebuah berita diambil dari kenyataan dan dikaitkan dengan sumber, tetapi mereka juga ditambah dengan pendapat atau pernyataan secara pribadi. Demikian jawaban dari “yang dimaksud dengan berita adalah?”, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung Di Dalam Air Disebabkan Oleh?

(Upy/G)