Cara Mencari Blog Zombie Untuk Kebutuhan SEO

Oktober 21, 2022
mencari blog zombie
43
Views

Berburu Blog zombie adalah salah satu bentuk penerapan strategi SEO yang sempat populer di kisaran tahun 2016-an silam. Jika mengingat kebelakang, terdapat banyak sekali blogger dan praktisi jasa SEO yang melakoni strategi ini, entah sebagai bagian dari langkah link building ataupun untuk dijual kembali.

Nah, untuk anda yang baru terjun ke bidang SEO dan masih asing dengan istilah blog zombie ini. Khusus pada postingan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan kepada anda mengenai blog zombie ini, mulai dari definisi, manfaat hingga mencari blog zombie ini.

Penasaran?

Langsung saja meluncur ke bawah dan simak ulasan tentang cara mencari blog zombie yang telah saya siapkan.

Daftar Isi

Apa Itu Blog Zombie?

blog zombie adalah
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Blog zombie adalah sebutan untuk blog gratisan yang sempat dihapus atau dinonaktifkan karena suatu alasan, namun berhasil diaktifkan kembali. 

Sebagai contoh atau ilustrasi dari blog zombie:

“Misalnya pada 2011, blogger A memiliki blog dengan nama catatanpejuangkeyword.blogspot.com. Namun dikarenakan suatu alasan, blog dari blogger A ini dihapus. Kemudian, pada tahun 2015, blogger B menemukan alamat blog dari blogger A sebelumnya dan kemudian menggunakannya kembali (mengaktifkan). Dalam hal ini, blog ini dapat dikategorikan sebagai blog zombie.”

Manfaat Blog Zombie

Dalam praktik SEO, blog zombie ini umumnya digunakan sebagai salah satu blog dummy dalam skema link building suatu website. Singkatnya, menggunakan blog zombie ini adalah salah satu satu cara membuat backlink untuk suatu situs. 

Namun banyak juga praktisi SEO yang mengubah blog zombie menjadi blog utama (menjadikannya custom domain, misalnya .com, id dan lainnya), apabila blog bersangkutan termasuk bagus.

Apakah Strategi Blog Zombie Masih Relevan Untuk SEO?

Didasarkan hasil ngobrol saya dengan Endar Julian, salah satu blogger veteran dan juga SEO Analyst yang bekerja di bidang jasa SEO website, disebutkan bahwa praktik berburu blog zombie ini sendiri masih banyak dilakukan oleh para praktisi SEO dan blogger hingga hari ini. 

Pada penerapan strategi SEO modern, blog zombie ini umumnya akan digunakan sebagai sumber backlink tier 2 untuk blog penunjang blog utama, guna meningkatkan power dan juga link juice dari blog utamanya.

Sehingga, jika ditanya “apakah blog zombie ini masih dibutuhkan untuk SEO?”.

Maka jawabannya adalah 100% Ya..

Cara Mencari Blog Zombie Berkualitas

cara mencari blog zombie berkualitas
Sumber gambar: Pagar Alam News

Untuk mencari blog zombie sendiri, di masa lalu, terdapat banyak metode yang dapat digunakan. Namun seiring dengan semakin berkembangnya teknologi mesin pencari. Beberapa metode saat ini telah tidak relevan dan tidak dapat digunakan.

Contohnya, di masa lalu, saya biasanya menggunakan string berikut ini di pencarian Google:

“change my blog url from blogspot.com to”

“maaf, blog sudah saya hapus”

Namun dikarenakan semakin banyak orang yang menggunakan cara ini, maka kedua kalimat di atas pun akhirnya menjadi keyword di pencarian Google dan otomatis mengubah hasil penelusuran yang ditampilkan Google.

Namun terdapat beberapa cara lainnya yang juga masih dapat anda gunakan untuk mencari blog zombie ini. Adapun salah satunya adalah dengan menggunakan string pencarian di Google.

Menemukan Blog Zombie Dengan String Pencarian

Salah satu cara yang saya gunakan untuk mencari blog zombie adalah dengan menggunakan string tertentu di pencarian Google. Adapun string pencarian yang saya biasa gunakan adalah sebagai berikut:

“site:tumblr.com/ keyword “keyword yang ingin ditelusuri”

Misalnya, anda ingin mencari blog zombie di platform tumblr yang memuat kata kunci jual sepatu, maka anda dapat mencarinya dengan string:

“site:tumblr.com/ keyword “jual sepatu”

Jika anda mencari blog zombie dari platform blogger, anda dapat menggunakan string pencarian berikut:

“site:blogger.com/profile “keyword yang ditelusuri”

Milsalnya, jika anda ingin menelusuri blog zombie dengan niche “internet marketing”, maka string yang anda gunakan adalah:

“site:blogger.com/profile “Internet Marketing”

Itulah sedikit ulasan dari saya mengenai definisi, manfaat dan juga mencari blog zombie berkualitas. Meskipun telah cukup jarang dilakukan saat ini, namun semoga pengetahuan mengenai blog zombie ini dapat memperluas wawasan anda mengenai SEO, tepatnya terkait cara membuat backlink gratis

Jangan lupa untuk mengikuti artikel informatif lainnya dari saya dengan mengikuti Pagar Alam News. Terima kasih telah menyempatkan untuk membaca.