10 Contoh Media Promosi Online Paling Populer

Februari 3, 2023
contoh media promosi online
3
Views

Cari tahu apa saja contoh media promosi online paling populer dan efektif untuk marketing hari ini!

Kemajuan teknologi internet memang harus diakui sangat mempermudah kegiatan manusia dalam berbagai sisi, termasuk salah satunya dalam hal pemasaran. Saat ini, pemasaran tidak harus dilakukan dengan memasang baliho atau membagikan flyer. Pasanya, terdapat banyak layanan media promosi online yang memungkinkan anda untuk menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat. 

Selain itu, biaya yang ditawarkan media promosi online umumnya lebih murah, dibandingkan dengan promosi offline. 

Nah, untuk anda yang kurang melek perihal promosi online ini. Pada artikel kali ini, saya akan mengajak anda berkenalan dengan sejumlah contoh media promosi online yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis hari ini. 

Langsung saja cek apa saja contoh media promosi online tersebut di bawah ini.

Kelebihan Media Promosi Online

Sebelum memberikan contoh media promosi online sebelumnya, sebaiknya anda juga mengetahui kelebihan dari media promosi online. Media promosi online ini menawarkan banyak keuntungan untuk para penggunanya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Aksesibilitas: Media promosi online dapat diakses oleh jutaan orang di seluruh dunia, membuatnya menjadi salah satu alternatif pemasaran yang paling efektif.
  • Biaya yang Terjangkau: Media promosi online biasanya menawarkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan media promosi tradisional seperti media cetak atau televisi.
  • Target Pasar yang Terdefinisi: Media promosi online memungkinkan Anda untuk menentukan target pasar yang spesifik, seperti usia, lokasi, atau minat, membuat promosi Anda lebih efektif dan berfokus.
  • Dapat Dilacak dan Measure: Media promosi online dapat dilacak dan diukur dengan mudah, membuat Anda dapat melacak hasil promosi dan membuat perubahan untuk meningkatkan efektivitas.
  • Cepat dan Real-Time: Media promosi online memungkinkan Anda untuk membuat perubahan dan memposting iklan dengan cepat dan real-time, membuat Anda dapat bereaksi dengan cepat terhadap perubahan pasar.
  • Interaktivitas: Media promosi online memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan produk atau layanan Anda melalui e-commerce, formulir kontak, atau fitur media sosial seperti komentar.
  • Kemampuan untuk Mengukur Pengaruh: Media promosi online memungkinkan Anda untuk mengukur pengaruh dari promosi Anda melalui alat analitik, seperti Google Analytics, membuat Anda dapat memahami bagaimana promosi Anda mempengaruhi perilaku pelanggan.
  • Fleksibilitas: Media promosi online memungkinkan Anda untuk mengubah dan memodifikasi iklan dan kampanye Anda sesuai dengan kebutuhan, membuat Anda dapat menyesuaikan promosi Anda untuk memenuhi tujuan bisnis Anda.
  • Reach Global: Media promosi online memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk atau layanan Anda ke seluruh dunia, membuat Anda dapat menjangkau pasar baru dan memperluas bisnis Anda.
  • Alat Analisis yang Powerfull: Media promosi online menyediakan alat analisis yang kuat yang memungkinkan Anda untuk memahami perilaku pelanggan dan membuat data-driven keputusan, membuat Anda dapat memaksimalkan efektivitas promosi Anda.

Contoh Media Promosi Online Terpopuler

sebutkan media promosi online
Sumber gambar: unsplash.com/@mjessier

Melansir informasi dari profesional marketer dari platform Audit Konten dan Buca Markets Iparis Berikut ini adalah beberapa contoh media promosi online terpopuler yang telah kami list untuk anda.

1. Iklan Google AdWords

Iklan Google AdWords adalah salah satu contoh media promosi online yang populer. Iklan ini muncul di hasil pencarian Google dan berdasarkan kata kunci yang ditentukan oleh pengiklan.

2. Social Media Marketing

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter merupakan platform yang efektif untuk melakukan promosi online. Anda dapat membuat halaman bisnis dan memposting konten untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

3. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi promosi online yang menggunakan individu yang memiliki jumlah besar pengikut dan kredibilitas tinggi dalam industri tertentu. Influencer dapat mempromosikan produk Anda melalui postingan media sosial mereka atau melalui video review.

4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi promosi online yang mengirimkan pesan promosi melalui email. Ini merupakan cara efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan baru.

5. Content Marketing

Content marketing adalah strategi promosi online yang fokus pada membuat dan membagikan konten berkualitas tinggi untuk menarik audiens dan membangun hubungan dengan mereka. Contohnya adalah blog, video, dan infografik.

6. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah strategi promosi online dimana afiliasi mempromosikan produk atau layanan tertentu dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang berhasil.

7. Retargeting

Retargeting adalah strategi promosi online yang memanfaatkan data perilaku online pelanggan untuk menampilkan iklan yang relevan kepada mereka.

8. Pemasaran Influencer Video

Pemasaran influencer video adalah strategi promosi online yang menggunakan video oleh influencer untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini dapat melibatkan video YouTube, video Instagram, atau video TikTok.

9. Display Advertising

Display advertising adalah jenis iklan online yang muncul di laman web atau aplikasi. Ini dapat berupa banner iklan, video iklan, atau iklan interaktif.

10. Native Advertising

Native advertising adalah jenis iklan online yang disesuaikan dengan format dan tampilan laman web atau aplikasi. Ini dapat menyamar seperti konten berkualitas tinggi dan dapat menjadi solusi promosi online yang efektif.

Itulah beberapa contoh media promosi online yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online hari ini. Jika anda ingin memulai bisnis online, sejumlah media promosi online yang kami sebutkan di atas, sebaiknya anda masukkan ke dalam list rencana marketing anda.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya yang telah kami siapkan untuk anda. Terima kasih telah singgah di blog ini dan membaca.

Baca Juga: Cara Mengunci Foto di Facebook dengan Mudah Agar Privasi Terjaga