Timur Laut Dari Indonesia Samudra Dan Perbatasan Wilayahnya

November 12, 2022
timur laut dari indonesia samudra
23
Views

Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis karena terletak di antara dua samudera dan dua benua, timur laut dari Indonesia samudra? Bentang alam Indonesia disatukan oleh kekayaan alam ibu pertiwi. 

Banyaknya gunung berapi dapat membuat tanah menjadi subur dan ditumbuhi berbagai macam tanaman. Posisi geografis suatu negara terlihat dari kenyataan di permukaan bumi. Menurut buku Horizon Geography 2 karya Munawir, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. 

Timur laut dari Indonesia samudra apa?

timur laut dari indonesia samudra
Sumber gambar: Educational Tourism

Jadi untuk jawaban dari timur laut dari Indonesia samudra? Samudra hindia dan samudra pacific. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan alam, sehingga dijuluki sebagai Negara dengan pulau terbanyak di dalamnya.

Indonesia terletak pada wilayah yang sangat strategis. Jadi Indonesia terletak di antara dua samudera, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia.

Berdasarkan letak geomorfologisnya. Berdampak pada hal yang berbeda. Letak geografis Indonesia setidaknya mempengaruhi 3 hal. Yaitu: 

  1. Karena Indonesia berbatasan dengan dua benua dan dua samudera, jalur perdagangan internasional merupakan pusat perdagangan dan pelayaran internasional. 
  2. Di antara kedua musim tersebut, terdapat masa peralihan, yaitu peralihan dari satu musim ke musim berikutnya. 
  3. Indonesia dipengaruhi oleh budaya dan peradaban dari berbagai negara asing. Adanya lalu lintas jalur laut mengakibatkan banyak kapal asing berlabuh di Indonesia. Indonesia berbatasan dengan banyak negara, laut, dan samudera karena letaknya yang berdasarkan batas negara.

Karena perbatasan Negara, posisi Negara Indonesia sangat dekat dengan Negara samudra, laut, dan antara lain sebagai berikut.

Negara Indonesia dapat mencakup hingga 25 persen dari total luas permukaan negara. Oleh karena itu, keberadaan batas wilayah menjadi penting bagi negara Indonesia karena berfungsi sebagai perbatasan bagi negara-negara lain. 

Sebagai warga Negara, kita harus bangga dengan kekayaan alam Indonesia dan menjaganya. Karena mempunyai banyak perbedaan antar benua, maka Indonesia mempunyai banyak bahasa, budaya, ras, agama, sehingga antara satu dengan yang lain harus saling menghargai dan menghormati.

Batas wilayah Indonesia 

Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia karena letak geografisnya, serta berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Untuk informasi perbatasan negara Indonesia berikut ini. 

1. Batas wilayah Indonesia di bagian barat 

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan perairan negara. Di sebelah timur, perbatasan Indonesia terhubung dengan Samudra Hindia dan Laut Andaman.

2. Batas wilayah Indonesia di bagian timur 

Kedua, batas wilayah negara Indonesia di bagian timur bersinggungan langsung dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. 

3. Batas wilayah Indonesia di bagian utara 

Di Indonesia bagian utara, batas wilayah negara Indonesia terletak di pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Jadi beberapa Negara tersebut merupakan pulau yang berbatasan dengan wilayah Indonesia bagian utara. 

4. Batas wilayah Indonesia di bagian selatan

Batas wilayah Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan Timor Leste, yaitu sebelum Timor Leste resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia pada tahun 1999. 

Timor Leste memutuskan untuk menjadi negara yang terpisah dari Indonesia, dan batas wilayah negara Indonesia juga dapat dipisahkan menjadi tiga bagian, yakni laut, darat dan udara. 

Sudah paham kan mengenai pertanyaan, timur laut dari Indonesia samudra mana? Jawabannya adalah samudra hindia dan samudra pacific, semoga informasi yang kami berikan kepada kalian bermanfaat ya.

Baca Juga: Bagaimana Menurut Pendapat Kalian Jika Ada Teman Bersuudzon Kepada Kalian

(Upy/G)