Soal dan Pembahasan Buku Siswa IPA Kelas 9 Uji Kompetensi Bab 7 Halaman 90

Desember 18, 2021
Soal dan Pembahasan Buku Siswa IPA Kelas 9 Uji Kompetensi Bab 7 Halaman 90
606
Views
SOAL DAN PEMBAHASAN BUKU SISWA IPA KLS 9 UJI KOMPETENSI BAB 7 HALAMAN 90

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah …. 

2. Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah ….

3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar ….

4. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan ….

5. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tapai adalah ….

6. Prinsip pada bioteknologi industri adalah ….

7. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas yang tinggi. Berikut upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kecuali ….

8. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Salah satu dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah ….

9. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ….

10. Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena ….

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Perhatikan data gizi bahan makanan pada tabel berikut.

Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus daripada tempe, tetapi mengapa banyak orang mengatakan mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai? 

2. Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan! 

3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari! 

4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan? 

5. Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

Kunci Jawaban

1. Pilihan Ganda

1. C

2. D

3. D

4. D

5. C

6. B

7. C

8. D

9. D

10.B

2. Uraian

1. Komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe, komposisi kedelai lebih bagus dari pada tempe, banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi tempe jauh lebih baik dari pada kedelai ini dikarenakan adanya proses fermentasi tempe, pada saranya kedelai jauh lebih tinggi nilai gizinya daripada tempe teteapi tempe terbuat dari olahan kacang kedelai yang di fermentasikan dengan bantuan jamur Rhizopus Origosporus yang lebih mudah untuk dicerna dalam tubuh kita dan terdapat kandungna vitamin B12 dari proses penambahan ragi jamur tersebut.

2. Proses kloning dilakukan dengan cara mengganti inti ovum dengan inti sel somatis. Hasil peleburan didapatkan sel ovum yang mengandung inti sel somatis. Kemudian ditanam di rahim induk betina sehingga dihasilkan individu baru. Individu baru memiliki sifat identik dengan induk dari inti sel somatis yang diambil.

3. Bahan pangan hasil bioteknologi yang sering ditemukan adalah tempe, tapai, yoghurt, keju, nata de coco, dan kecap. 

4. Dampak negatif dari penggunaan bioteknologi adalah munculnya alergi pada saat mengonsumsi bahan makanan hasil rekayasa genetika, limbah dari proses pembuatan produk bioteknologi, dan produk minuman beralkohol menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Dampak tersebut berupa kebiasaan meminum minuman beralkohol sehingga menyebabkan mabuk dan merusak kesehatan.

5. – Menghasilkan mahluk hidup yang berkualitas tinggi dan sifatnya sesuai dengan keinginan manusia.

– Menghasilkan produk lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih singkat.

– Hewan atau tumbuhan transgenik lebih tahan terhadap hama, penyakit, dan cuaca ekstrim.