Tak Berkategori

Selanjutnya Bacalah Kembali Teks Negosiasi antara Pedagang dan Pembeli

September 22, 2019
1205
Views

Selanjutnya bacalah kembali teks negosiasi antara pedagang dan pembeli serta teks terima kasih bu mia. analisislah apakah kesepakatan yang dicapai memenuhi persyaratan persyaratan berikut 1 dilakukan dengan santun 2 tidak ada tekanan atau paksaan 3 saling menguntungkan 4 kesepakatannya bersifat praktis, bisa diterapkan.
Pembahasan:
1 Dilakukan dengan santun
Kedua teks dilakukan dengan santun. Pada teks penjual dan pembeli, pembeli menawar harga mangga dengan bertanya secara sopan. Pada teks Terima Kasih Ibu Mia, Lia meminta ijin terlebih dahulu sebelum mengajukan permintaan kepada Ibu Mia.
2 Tidak ada tekanan atau paksaan
Tidak ada tekanan atau paksaan pada kedua teks. Pada teks penjual dan pembeli, setelah melakukan penawaran yang kedua, akhirnya pembeli setuju mengikuti permintaan penjual. Pada teks Terima Kasih Ibu Mia, alasan-alasan yang dikemukakan Lia dapat diterima oleh Ibu Mia sehingga diperoleh kesepakatan. 
3 Saling menguntungkan
Pada kedua teks terdapat kesepakatan yang menguntungkan. Pada teks pedagang dan pembeli, pedagang memperoleh untung dan pembeli mendapatkan harga yang sesuai dan mangga yang bagus. Pada teks Terima Kasih Ibu Mia, Lia dan teman-teman dapat beristirahat lebih lama dan Ibu Mia dapat mengkondisikan anak-anak untuk ulangan minggu depan.
4 Kesepakatannya bersifat praktis, bisa diterapkan
Pada kedua teks, kesepakatannya bersifat praktis dan bisa diterapkan. Pada teks pedagang dan penjual, terjadi kesepakatan yang disetujui kedua partisipan. Begitu pula pada teks Terima Kasih Ibu Mia, kesepakatan tersebut disetujui dengan senang hati oleh anak-anak kelas X IPA dan Ibu Mia.