Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Tekanan Yang Besar Adalah, Simak Selengkapnya

November 8, 2022
upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah
23
Views

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah dengan menaikkan gaya dan mengurangi luas permukaan. Namun, ada tiga kategori zat yang memiliki teknik berbeda untuk meningkatkan tekanan. Simak ulasan selengkapnya disini.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, kalian harus simak terus upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar.

Jadi upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah?

upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah
Sumber gambar: mempelajari

Setiap zat memiliki caranya sendiri untuk menghasilkan energi tekanan dalam jumlah besar. Pada benda padat, besarnya gaya yang bekerja dan luas daerah singgung antara gaya dan medan dapat menentukan tekanan. Rumus untuk memperoleh energi tekanan yang besar untuk setiap jenis zat disajikan di bawah ini.

1. Pada zat yang padat

Jika dimasukkan ke dalam rumus p=f/a, apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tekanan dalam padatan? 1, 2, Anda mungkin dapat mengetahui ketika jejak kaki ayam dan bebek tertinggal di tanah berlumpur bahwa jejak kaki yang dibentuk oleh telapak kaki ayam lebih dalam daripada yang dibuat oleh telapak kaki bebek. 

Hal ini disebabkan karena luas tangen kaki ayam lebih kecil dari pada bebek, sehingga tekanan yang ditimbulkan oleh kaki ayam lebih besar dari pada bebek. Pada zat cair, tekanan hidrostatik sebanding dengan jarak dan permukaan zat cair serta massa jenisnya. 

2. Pada zat cair

Dengan kata lain, tekanan hidrostatik berbanding lurus dengan densitas dan kedalaman cairan. Saat berenang, Anda bisa merasakan tekanan dari cairan yang menumpuk. Semakin dalam Anda menyelam ke dalam air, semakin banyak tubuh Anda didorong ke atas untuk mengapung. Jadi sudah paham mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah?

3. Pada zat udara

Hal-hal yang dapat dilakukan di udara untuk menghasilkan tekanan yang besar pada zat udara adalah.

  • Meningkatkan tekanan di ruang terbuka
  • Semakin tinggi tempat, semakin besar tekanannya. 

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba menempa bidang datar, hasilnya akan kurang cemerlang daripada bidang runcing. Oleh karena itu, pengurangan area tekanan juga akan meningkatkan tekanan. 

Dengan kata lain, semakin kecil area kompresi, semakin besar tekanan, yang keduanya terbalik. Prinsip ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. 

Bagaimana macam-macam tekanan zat

Pada umumnya zat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu padat, cair, dan udara. Setiap zat memiliki karakteristik tekanan yang berbeda dengan formula yang berbeda. 

1. Tekanan zat padat

Disebabkan ketika benda padat didorong ke atas, dan semakin besar area kompresi, semakin kecil tekanannya. 

2. Tekanan zat cair

Hidrostatik dalam keadaan diam adalah air statis. Kedalaman benda cair, gaya gravitasi bumi, dan massa zat cair adalah semua faktor yang mempengaruhi terciptanya tekanan. Selain itu, ada 3 hukum fisika yang menjelaskan tentang sifat-sifat tekanan zat cair, yaitu hukum Pascal, hukum pembuluh terkait, dan hukum Archimedes. 

3. Tekanan zat gas

Hukum Boyle dapat menjelaskan tekanan gas, yang berlaku ketika gas berada dalam ruang tertutup. Tekanan dan volume suatu gas adalah sama, selama suhu gas tetap sama, sehingga ada perbedaan tekanan zat dan cara untuk meningkatkan energi tekanan. 

Ada kepadatan, cairan, dan gas di bawah tekanan, dan masing-masing memiliki kekuatan atau pengaruh yang berbeda pada bagaimana ia membangun tekanannya. 

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai pertanyaan “upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Satu Kilogram Sama Dengan Berapa Gram, Begini Cara Menghitungnya

(Upy/G)