Tak Berkategori

Sampah Merupakan Barang Sisa yang Tidak Memiliki Nilai Ekonomi

Mei 14, 2019
413
Views

Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi. Sampah dibagi menjadi dua jenis sampah organik dan sampah anorganik. Sungai merupakan aliran sungai yang mengalir dari hilir ke hulu. Sungai pada umumnya digunakan sebagai tempat kegiatan yang membantu manusia. Namun, didesa Jantur Kecamatan Bumiaji, sungai disalahgunakan menjadi tempat pembuangan akhir sampah sehingga sungai yang dulunya dialiri air sekarang menjadi kering dan penuh dengan timbunan sampah.
Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan,tidak bisa hancur dengan alami, biasanya terdiri atas limbah bahan-bahan kimia yang tidak mudah diuraikan, sedangkan jika sampah anorganik di daur ulang dapat membuat barang yang bernilai guna. Contoh jenis sampah anorganik adalah plastik, wadah detergen, dan plastik-plastik bungkus sisa makanan
Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk. Sampah ini biasanya berupa limbah rumah tangga yang mudah membusuk; limbah ternak yang tidak dikelola terlebih dulu, tetapi langsung dibuang begitu saja; daun-daun atau batang pohon yang sudah mati. Contoh sampah organik adalah daun, sayur, sisa buah, limbah kayu sisa dan limbah pembuangan kotoran sapi.
Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah kalimat definisinya sudah tepat? Jelaskan alasanmu!
2. Apakah pengklasifikasian objek yang diobservasi sudah disajikan dalam kalimat yang tepat? Jelaskan alasanmu!
3. Apakah urutan penyajian dalam  deskripsi bagian telah mengikuti urutan  pengklasifikasian objek yang diobservasi? Jelaskan jawabanmu!
4. Apakah dalam teks laporan hasil observasi tersebut telah terdapat deskripsi manfaat?
5. Apakah dalam teks tersebut terdapat kalimat yang tidak padu/ menyimpang dari topik yang dibahas?
Jawaban
1. Apakah kalimat definisinya sudah tepat?
Jelaskan alasanmu!  
Jawaban :
Kalimat definisi pada teks Sampah SUDAH tepat, karena kalimat definisi pada teks Sampah engggunakan konjungsi ”adalah, ialah, yakni, merupakan, dan yaitu”.
Contoh : 
– Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi.
– Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan, tidak bisa hancur dengan alami, biasanya terdiri dari limbah bahan-bahan kimia yang tidak mudah diuraikan.
– Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk.
2. Apakah pengklasifikasian objek yang diobservasi sudah disajikan dalam kalimat yang tepat?
Jelaskan alasanmu!
Jawaban:
Pengklasifikasian objek yang diobservasi SUDAH disajikan dalam kalimat yang tepat. Karena  pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus menyebutkan dasar pengklasifikasian dan jumlah keanggotaannya.
Contoh pada teks:
– Sampah dibagi menjadi dua jenis sampah organik dan sampah anorganik.
3. Apakah urutan penyajian dalam deskripsi bagian telah mengikuti urutan pengklasifikasian objek yang diobservasi?
Jelaskan jawabanmu!
Jawaban:
Urutan penyajian dalam deskripsi bagian BELUM mengikuti urutan pengklasifikasian objek yang diobservasi.
Karena pada kalimat definisi, urutan klasifikasi sampah adalah sampah organik dahulu, baru kemudian sampah anorganik. Tetapi pada deskripsi bagian, yang dibahas terlebih dahulu adalah sampah anorganik (paragraf 2) dan kemudian sampah organik (paragraf 3).
4. Apakah dalam teks laporan hasil observasi tersebut telah terdapat deskripsi manfaat?
YA, dalam teks laporan hasil obesrvasi tersebut telah terdapat deskripsi manfaat, yaitu pada terdapat pada paragraf terakhir (paragraf 4)
“Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik.”
5. Apakah dalam teks tersebut terdapat kalimat yang tidak padu/ menyimpang dari topik yang dibahas?
YA, dalam teks tersebut TERDAPAT kalimat yang tidak padu/menyimpang dari topik yang dibahas, yaitu adanya kalimat definisi dari sungai dan penyalahgunaan sungai di Desa Jantur yang tidak ada kaitannya dengan objek yang diobservasi, yakni sampah.
“Sungai merupakan aliran sungai yang mengalir dari hilir ke hulu, sungai pada umumnya digunakan sebagai beberapa kegiatan yang membantu manusia. Namun, di Desa Jantur, Kecamatan Bumiaji sungai disalahgunakan menjadi tempat pembuangan akhir sampah sehingga sungai yang dulunya dialiri air sekarang menjadi kering dan penuh dengan timbunan sampah.”