6 Negara Apa Yang Terletak Paling Selatan, Ini Daftarnya

November 9, 2022
negara apa yang terletak paling selatan
21
Views

Wilayah Antartika berisi 10 negara yang diukur dengan keliling garis lintang kutub selatan, jadi apa saja negara apa yang terletak paling selatan? Berdasarkan 193 anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), terdapat 10 negara di bagian paling selatan dunia, tidak termasuk Antartika dan pulau-pulau terluarnya di selatan garis 60°ls. 

Berikut daftar negara apa yang terletak paling selatan

Jadi ini adalah beberapa negara apa yang terletak paling selatan, kalian harus simak ulasan selengkapnya disini.

1. Chili

chili
Sumber gambar: WallpaperBetter

Titik paling selatan di selatan thule terletak di Chili pada garis lintang 59°42′ lintang. Thule selatan terdiri dari 3 pulau paling selatan Kepulauan Sandwich Selatan, bellingshausen, cook, dan thule (morrell). Zona ekonomi eksklusif ini kaya akan sumber daya hayati laut. 

2. Argentina

Afganistan
Sumber gambar: iStock

Penguin Guano, anjing laut, petrel, dan rumput laut dapat ditemukan di sini. Argentina adalah negara paling selatan berikutnya, dengan titik paling selatan di pulau Isla Grande de Tierra del Fuego pada 55°04′ LS dan titik paling utara di Monte Dinero pada 52°24′ Lintang.

3. Australia

Australia
Sumber gambar: Tribun

Isla grande de tierra del fuego, atau pulau besar api, memiliki iklim laut subkutub. Dengan musim panas yang pendek dan dingin, serta musim dingin yang panjang dan basah. Sebanyak 30 persen dari pulau ini berhutan, sedangkan sisanya tertutup stepa dingin dan semi-gurun. 

Pulau Bishop dan Clerk merupakan titik paling selatan Australia pada 55°03′ lintang, tanjung tenggara (Tasmania) pada 43°38′ lintang, dan titik selatan pada 39°08′ lintang. Pulau Bishop dan Clerk ditetapkan sebagai Kawasan Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. 

Pulau-pulau kecil ini merupakan kawasan pengelolaan khusus di dalam cagar alam, yang jarang dikunjungi, tidak ditumbuhi hewan, dan merupakan rumah bagi hewan non-pribumi. Negara apa yang terletak paling selatan? Australia salah satunya.

4. New zealand 

new-zealand
Sumber gambar: Kompas Internasional

Titik paling selatan di Pulau Jacquemart adalah 52°37′ LS, dan titik kemiringan di South Island adalah 46°40′ LS. Pulau Jacquemart adalah salah satu pulau kecil yang mengelilingi Pulau Campbell di Selandia Baru dan merupakan pulau paling selatan di Selandia Baru. 

Pulau ini ditumbuhi padang rumput di lahan gambut yang ditumbuhi herba, lumut, dan tanaman bantalan. Burung penciduk jelaga, petrel raksasa utara, petrel badai punggung abu-abu, albatros jelaga bulu ringan, dan skua coklat adalah beberapa spesies yang baru-baru ini menggunakan Jacquemart sebagai tempat berkembang biak mereka. 

5. Uruguay

uruguay
Sumber gambar: Depositphotos

Pulau ini termasuk dalam Kelompok Pulau Campbell’s Important Bird Area (IBA) Birdlife International karena pentingnya sebagai tempat berkembang biak bagi berbagai burung laut. Uruguay memiliki dua lokasi paling selatan, Isla de Lobos pada 35°02′ lintang dan Punta del Este pada 34°58′ lintang. 

Isla de Lobos berada di Punta del Este, delapan kilometer dari daratan Uruguay. Pulau dan mitranya, Pulau Gorriti, keduanya merupakan bagian dari cagar alam yang merupakan rumah bagi koloni terbesar singa laut Amerika Selatan dan anjing laut berbulu Amerika Selatan. 

Punta del Este, misalnya, adalah salah satu destinasi musim dingin yang sempurna untuk mengamati paus orca di pantai. Negara apa yang terletak paling selatan? Ya, Uruguay adalah salah satunya.

6. Lesotho

Lesotho
Sumber gambar:

Quthing adalah distrik Lesotho, juga dikenal sebagai kota perkemahan, dengan sisa-sisa prasejarah dua pasang jejak kaki dinosaurus.

Demikian ulasan yang kami sampaikan mengenai daftar negara apa yang terletak paling selatan, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sumber Daya Alam Singapura, Buah, Pertanian, dan Peternakan

(Upy/G)