Bagaimana Cara Menghormati Dan Mematuhi Orang Tua Saat Masih Hidup?

November 11, 2022
bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup
41
Views

Orang tua adalah orang yang mengasuh, merawat, dan mendidik kita dengan penuh kasih sayang, dari kecil hingga dewasa, bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup? 

Sedangkan guru adalah orang yang telah mengembangkan dan mengajarkan berbagai macam ilmu yang bermanfaat, sehingga dapat membantu kita untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karena itu, orang tua dan guru harus dihormati. 

Anjuran agama untuk menghormati orang tua dan guru juga sah. Karena sikap ini adalah sikap baik yang harus dimiliki oleh setiap anak. Anda harus menghormati orang tua dengan bertindak berdasarkan nasihat dan instruksi mereka. Tidak ada orang tua yang menginginkan sesuatu yang buruk untuk anaknya. 

Bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup?

bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup
Sumber gambar: kibrispdr

Jadi bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup? Simak ulasan selengkapnya disini.

1. Melaksanakan nasihat orang tua

Selama nasihat yang diberikan tidak melanggar aturan agama atau hukum yang berlaku, Anda harus mengikuti perintah dan nasihat yang mereka berikan sebagai anak yang baik.  

2. Merawat orang tua dengan ikhlas

Merawat orang tua dengan penuh keikhlasan dan kesabaran seiring bertambahnya usia orang tua, kita memiliki tanggung jawab untuk merawat mereka. Sudah paham kan mengenai bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup?

3. Berbicara sopan dan halus

Berbicara dengan hati-hati dan sopan adalah tanda hormat kita kepada orang tua. Meskipun orang tua mungkin melakukan kesalahan, kita tetap harus menjaga sopan santun. Jangan mengeluarkan kalimat yang akan menyinggung mereka. 

4. Selalu berbuat baik kepada orang tua

Berbuat baik kepada orang tua Orang tua harus dilakukan semua anak. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi kita tetap dituntut untuk berbuat baik kepada mereka dengan cara apa pun. 

Selagi masih muda, mereka tidak boleh ditinggalkan, apalagi jika mereka sudah tua dan membutuhkan perhatian dan perawatan dari anak-anaknya. 

5. Selalu mendoakan

Berdoa untuk orang tua, hidup atau mati, sebagai cara untuk menunjukkan rasa hormat dan kasih kepada mereka. 

6. Menjaga nama baik orang tua

Semua sikap dan tindakan kita akan selalu dikaitkan dengan orang tua, jadi kita harus berhati-hati dalam perilaku dan tindakan kita agar tidak mencoreng nama baik mereka.

Kenapa harus menghormati orang tua?

Berikut alasan mengapa kita harus selalu menghormati dan menghargai orang tua.

1. Dianjurkan oleh agama

Tuhan pencipta alam semesta memerintahkan agar semua manusia selalu berbakti kepada orang tua dan guru setiap saat. Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa hormat dan cinta kepada orang tua dan guru kita.

Bahkan ada di pelajaran agama di sekolah hingga buku-buku agama. Bahkan doa orang tua  dianggap penting untuk kesuksesan kita. Pernahkah Anda mendengar ungkapan “surga ada di telapak kaki ibu”, “berkah Allah swt, tergantung pada keridhaan orang tua”

2. Sikap berbakti 

Bersikap lemah lembut menunjukkan bahwa kita menghormati dan mematuhi semua nasihatnya. Kita akan membuat mereka merasa senang dan melepaskan semua kerja keras dalam membesarkan dan mendidik kita. Sudah mengerti kan mengenai bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup?

3. Rasa terima kasih

Tidak dapat disangkal bahwa orang tua dan guru memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Sejak lahir hingga dewasa, orang tua memegang peran yang sangat penting dalam merawat, memelihara, dan mendidik anak-anaknya, sedangkan peran guru adalah mengajar dan mendidik anak didiknya dengan kasih sayang. 

Sangat penting bahwa orang tua dan guru berperan dalam merencanakan masa depan. Jasa mereka yang berharga harus dikenang sepanjang masa.

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menghormati dan mematuhi orang tua saat masih hidup, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Semua Orang Ingin Cerdas Fathanah, Bagaimana Caranya Supaya Cerdas? Jelaskan!

(Upy/G)