Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Izrail?

November 12, 2022
apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail
21
Views

Iman kepada malaikat berarti mengakui keberadaan malaikat yang selalu taat kepada allah swt, apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail? Ini merupakan bagian dari rukun iman yang kedua. 

Surah al baqarah ayat 285, dalam buku kementerian agama tentang pendidikan agama islam dan karakter, menjelaskan bahwa iman kepada malaikat diciptakan untuk menjalankan berbagai hal yang diperintahkan allah swt. 

Allah swt menciptakan mereka sebagai makhluk yang tidak pernah durhaka dan tidak merasa lelah dalam menjalankan tugasnya. Jenis iman kepada malaikat ini dapat diperoleh dengan memahami nama-nama dan tugas para malaikat allah. 

Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail?

apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail
Sumber gambar: cermin-dunia.

Sebagai umat islam, tentu kita semua harus percaya pada malaikat-malaikat allah swt. Orang yang percaya akan keberadaan malaikat izrail harus menanamkan keyakinan, yakni percaya akan keberadaan malaikat izrael.  Kita tidak tahu kapan malaikat izrail akan datang menjemput kita. 

Apakah kalian percaya dengan tugas maliakat jibril? Tentu sebagai umat muslim harus percaya, jadi malaikat jibril adalah makhluk ilahi yang keberadaannya pasti. Malaikat jibril adalah mahluk ilahi, dan al-qur’an harus dibaca oleh kita sebagai umat beragama.

Jadi para umat islam harus percaya bahwa malaikat jibril turun ke dunia menurunkan wahyu dari allah melalui Al-Qur’an untuk dibaca semua manusia. Apa yang harus dilakukan orang yang percaya pada malaikat? 

  • Meniru sifat malaikat yang rela beribadah kepada allah swt. 
  • Berbuat baik dan menjauhi dosa. 
  • Percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian. 
  • Percaya kepada allah swt. 

Hikmat percaya kepada malaikat allah swt

  • Jadi mengutip dari buku malaikat-malaikat allah, malaikat adalah tentara allah paling patuh dan selalu setia. Banyak sekali hikmah yang bisa kalian dapatkan jika beriman dan meyakini adanya malaikat.
  • Selalu bersikap jujur, amah, dan selalu menjalankan perilaku baik sebagai manusia
  • Percaya mengenai keagungan allah swt karena bisa melihat kebesaran dan kekuatan allah yang sudah ciptakan malaikat dengan berbagai keistimewaan. 
  • Keimanan manusia semakin meningkat kepada allah
  • Selalu bersikap hati-hati dan menjaga sikap

Selalu menambah rasa syukur kepada allah swt karena melalui malaikat, sebagai umat manusia kita memperoleh banyak hikmah. Sudah paham kan mengenai pertanyaan, apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail?

Sifat sifat malaikat yang bisa diteladani

1. Tidak menyombongkan diri

Salah satu sifat baik malaikat adalah, tidak sombong atau menyombongkan diri. 

“dan kepada allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” (qs: an nahl: 49)

2. Selalu patuh dan taat kepada allah

Malaikat adalah makhluk Allah yang takut dan selalu taat dalam ucapan ataupun perbuatannya. Malaikat akan menjalankan tugas dan perintah allah swt sesegera mungkin.

“mereka takut kepada rabb mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).” (qs: an nahl: 50)

3. Hamba allah yang sangat mulia

Malaikat adalah ha allah yang dimuliakan di sisi-nya pada kedudukan dan derajat yang tinggi. Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail?

“dan mereka berkata,“yang maha pemurah telah mengambil (mempunyai) anak,” maha suci allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan.” (qs. Al anbiya: 26)

4. Tidak pernah membantah

Jadi sifat malaikat adalah taat dan tidak pernah membantah sama sekali. Malaikat tidak akan pernah menentang apapun yang diperintahkan allah swt.

“mereka itu tidak mendahului-nya dengan perkatan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-nya.” (qs. Al anbiya: 27)

5. Tidak akan pernah durhaka

Seorang malaikat tidak akan pernah lalai dalam mengerjakan tugas dari allah swt. Sehingga jauh dari sifat durhaka.

“yang tidak mendurhakai allah terhadap apa yang diperintahkan-­nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (at-tahrim: 6)

Demikian ulasan mengenai pertanyaan “apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat izrail” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Energi Apa Saja Yang Dikeluarkan Seorang Penjahit Saat Membuat Baju?

(Upy/G)